Ane yakin ada banyak fenomena-fenomena marketing yang berseliweran disekitar kita. Ada banyak cara untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Mulai dari cara tradisional hingga modern. Dari cara biasa saja hingga cara gila. Terserah kita aja mau gunain apa aja yang penting masih dalam koridor yang tepat. Disini ane bakalan coba ngebahas tentang teknik marketing jadul dulu, karena yang modern masih dalam proses pendalaman hehehe.
MARKETING DARI MULUT KE TELINGA
Banyak orang mengatakan kalo teknik ini berangkat dari mulut kemulut. Kalo menurut ane sih aneh ya, bagaimana mungkin dari mulut kemulut? hehehe... ngga usah dipikir panjang. Yang jelas menurut ane bukan dari mulut kemulut, melainkan dari mulut ketelinga, ya kaga?
Marketing model ini mungkin memang terkesan lambat. Dan sepertinya banyak orang yang meremehkannya. Padahal kalo dilakukan dengan maksimal, in sya Allah bakalan dapet manfaat yang luar biasa. Agan tentunya tau efek dari rekomend. Dan biasanya orang yang memberi rekomendasi kepada orang lain karena dia sudah mendapatkan hasil yang bagus dari produk tersebut. Walaupun memang terkadang kebalikannya, dan ini yang menjadi pembunuh produk tersebut. Hanya dengan mendengar dari orang lain seseorang bisa jadi tertarik membeli atau malah tidak mau membelinya sama sekali.
Untuk lebih memaksimalkan marketing model gini, ya kudu tingkatin mutu dan kualitas produk agan. Jangan hancurkan reputasi agan hanya demi keuntungan banyak. Berikan yang terbaik yang agan mampu dan terus tingkatkan. In sya Allah dah, agan bakalan puas.
MARKETING KARTUNAMA
Ini memang cara klasik namun masih banyak digunakan oleh pakar marketing-marketing kelas dunia. Dimana ane pernah mendengar cerita tentang seorang marketing yang menyebar kartunamanya di kerumunan penonton sepak bola, gokil kaga? yah jelas gokil berarti orang ini benar-benar memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Agan berani? kalo ane masih mikir hehehe
Oiya ane juga pernah masukin kartunama ane kehalaman rumah orang-orang yang kelihatannya kaya, tapi belum ada respon gan, maksud ane biar dapet jaringan atas buat modalin ane gan hehehe...
Emang yang penting ntu langsung minta modal ama Allah aja...
Menggunakan strategi marketing kartunama harus yang unik dan keren biar bisa memikat kolega maupun customer, soalnya banyak sekali nasib sebuah kartunama yang akhirnya masuk ke tong sampah hanya karena designya kurang menarik.
Yang penting buat seunik dan sekeren mungkin kartunama agan, biar yang nerima pada melek dan nyelipin ntu kartu didompet mereka. Hehehe...
In sya Allah ane bakalan kasih lagi tentang fenomena marketing jadul ini. Soalnya masih banyak, paling ngga walaupun ngga dipraktekin bisa buat nambah wawasan tentang dunia marketing...in sya Allah...
Oke GAN! terus berkarya buat PAYU dan LAKU bisnis Agan:D
Saturday, 2 August 2014
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Post a Comment