Masih lanjut gan, malem ini ane bakalan bahas tentang bagaimana ngeyakinin orang buat apapun tujuan kita, termasuk meyakinkan mereka untuk membeli produk maupun menginvestasikan modal mereka untuk kita kelola.
Yang jelas teknik ini ane namain teknik presentasi tokcer, yang in sya Allah bila digunakan dengan benar dan sesuai resep bakalan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Okelah tak menunggu lama, langsung saja ane share...
GALI KEBUTUHAN MEREKA.
Agan tentunya tahu, inti orang membeli sesuatu bukan karena memang ingin membeli produk, tapi mereka ingin mendapatkan manfaat produk tersebut. Yah, bisa dibilang mereka membeli manfaat. Pertanyaannya seberapa dalam kita mampu menyelami konsumen kita? mampukah kita memahami apa yang benar-benar mereka butuhkan? tentunya ini membutuhkan jurus tersendiri.
Intinya agan mulai menjadi pendengar yang baik untuk menggali kebutuhan mereka. Jangan melulu nyerocos dan menonjolkan diri agan sendiri, yang ada nantinya konsumen malah boring alias ngga nyaman. Bukannya ngebeli produk agan, yang ada malah ngusir agan hahaha.
Dengarkan dulu gan, ikuti iramanya. Ikuti langkahnya mau kemana. Kalo agan mau mendengarkan mereka dengan baik, ane yakin agan bakalan semakin tau apa sebenarnya yang mereka butuhkan.
Nah, kalo udah tau apa yang mereka butuhkan, kan semakin gampang tuh.
TONJOLKAN BENEFIT/KEUNTUNGAN PRODUK MAUPUN BISNIS AGAN.
Kesalahan kebanyakan marketer adalah mereka selalu menonjolkan harga produk mereka bukan kualitas produk mereka. Lah apa iya? kalo menurut ane ya. Bilang ne produk murah lah, ne produk mahal tapi berkualitas tinggi lah.
Ingat konsumen bukan orang yang bodoh. Otaknya akan selalu berfikir kemudian menimbang berapa harga yang pantas untuk barang yang ditawarkan oleh kita.
Tapi bila sudah menyangkut kebutuhan mereka bakal tidak terlalu pusing untuk masalah harga. Pernahkah agan sakit, dan agan rela membayar berapapun harga obat yang ditawarkan asalkan memang obat tersebut bermanfaat dan ikut membantu proses penyembuhan agan? ingat sekali lagi gan, konsumen membeli manfaat bukan produk.
BESARKAN NIAT BERBAGI DIBANDING MENJUAL
Begitu antusiasnya untuk menjual produk terkadang kita lupa, bahwa yang kita prospek adalah seorang manusia sama seperti kita. Ingat gan, konsumen juga manusia, sama seperti kita. Punya rasa, punya hati, hehehe. Coba agan kembalikan kediri agan sendiri, kalo ada yang nawarin barang dengan cara ngotot dan kaga pake ilmu penjiwaan haha...
Apakah agan bakalan demen trus ngebeli ntu produk? ane rasa agan bukannya ngebeli, malah jadi ilfeel. Sama aja gan. Jangan melulu beranggapan kalo kita tengah menjual produk, anggaplah kita tengah berbagi. Dengan begitu kita tak selalu ngotot, konsumen menjadi nyaman dan dengan sukarela membeli produk yang agan tawarkan. Karena bila agan mengedepankan niat berbagi daripada menjual, presentasi yang agan lakukan bakalan lebih alami dan in sya Allah lebih ngena dihati...hehe.
Oke Gan...
Lanjut buat PAYU dan LAKU bisnis Agan! Are You Ready?!
Monday, 25 August 2014
Meyakinkan Konsumen, Perlu?
Labels:
Allah,
benefit,
bisnis,
investasi,
kebutuhan,
keuntungan,
keyakinan,
konsumen,
kualitas,
manfaat,
marketing lutung,
modal,
niat,
pendengar yang baik,
presentasi,
produk,
prospek,
TipsTrik
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Post a Comment