
NUNGGU YANG KAGAK JELAS
Ini dia yang ane maksud gan. Lagian siapa sih yang mau menunggu? apalagi menunggu sesuatu yang kagak jelas. Dan anehnya hampir kebanyakan pengusaha baik yang masih kelas lutung ampe sekelas gorila melakukan kesalahan ini gan, apa mungkin emang udah dari sononya kali yah...
Yang jelas ini bisa menjadi bencana buat kelangsungan usaha yang kita jalanin gan. Seperti benalu yang bakal melumat habis bisnis agan. Untuk itu kaga usah menunggu lama gan buat ngeberesinnya. Ingat satu pelanggan bisa membuat bisnis agan hancur bila pelanggan tersebut menceritakan kejelekan bisnis agan keseluruh pelanggan agan yang lain, menakutkan bukan?
Neh ane kasih solusi ala detektif Payu Laku.
Cari tau sebab utama Gan, bukan malah pusing.
Agan tentunya sering kedatengan order yang bebarengan, bareng datengnya, bareng pengen cepet selesenya. Gimana kaga pusing tuh? mau jawab gimana sama klien. Akhirnya
dengan pedenya keluarlah jawaban yang fenomenal, insya Allah besok jadi. BESOK? besoknya kapan neh gan? kalo ane besok dateng kesini beneran udah jadi? atau nunggu besok lagi?
Ini neh yang bikin kiamat bisnis. Sesungguhnya kebanyakan pelanggan intinya tidak selalu meminta cepat melainkan kepastian. Ingat gan, kalo sampe agan menyalahi janji ntu bakalan terekam dalam alam bawah sadar pelanggan agan, bakalan keinget terus gan. Ini lah yang bakalan menjadi borok, kalo kaga cepet diselesein.
Untuk itu cari tau sebab utama kenapa agan bisa kewalahan nanganin order.
Agan sok pede
Tanpa sadar terkadang kita memudahkan menyanggupi dengan begitu cepat bila ada order masuk. Kita janjiin dah ke pelanggan kalo bakalan selese dalam waktu sekian hari. Eh passan sang pelanggan dateng ternyata belom selese, masalah kaga tuh? masalah, jelas-jelas kita sudah bikin pelanggan kecewa.
Solusinya hitung dulu kapasitas agan untuk menangani order tersebut baru tentukan berapa hari selese. Kemudian bila ada order baru masuk, hitung waktunya setelah order pertama selese. Baru bilang ke pelanggan berapa waktu pengerjaannya. Jelaskan apa adanya, kalo agan lagi ngerjain order yang lain, yang lebih dulu. Kalo itu agan lakuin, dijamin dah pelanggan langsung kabur...hahaha becanda gan.
Ingat gan, pelanggan kebanyakan bukan butuh untuk cepat selese, melainkan mereka butuh kepastian. Jangan sepelekan hal semacam ini, karena sudah banyak kasus hanya karena pelanggan menunggu ketidak jelasan, tanpa pikir panjang lagi mereka langsung cabut menuju ke yang lain.
Pernah denger quotes "Dering telefon adalah gaji kita?"
Itu saja dulu gan...
Bisnis bukan selalu masalah kualitas bagus dan harga oke, tapi juga masalah manusia.
Terus buat PAYU dan LAKU bisnis Agan! apapun caranya, yang penting HALAL :D
Post a Comment